Blogger Bray, membahas tentang dunia blogger, design blog, internet dan android

Minggu, 10 Desember 2017

Cara Memperbaiki CSS Widget Blunder Blogger di Page Speed

Page Speed Insight merupakan fasilitas yang dibuat oleh Google untuk mengetahui kecepatan loading dari sebuah blog. Semakin cepat loading sebuah blog maka semakin disenangi oleh Google. Selain karena banyak masyarakat yang menggunakan mobile untuk mengakses internet, Google juga menyarankan agar blog memiliki kecepatan diatas rata-rata. Setau saya juga, faktor kecepatan dapat menambah skor SEO pada blog. Bahkan jika memiliki kecepatan blog hingga 90% keatas, kemungkinan blog tersebut bisa mendapatkan sitelinks.

Cara cek kecepatan blog yang Anda miliki caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi Page Speed Insight, kemudian masukkan url blog dikolom kosong yang telah disediakan disitu. Kemudian klik Analyze. Biarkan saja, hingga proses analisii terselesaikan dengan sendirinya.  Setelah proses analisis selesai, disitu akan dipaparkan masalah atau penyebab apa saja yang membuat blog lamban untuk diakses.

Salah satu penyebab blog lelet untuk diakses adalah optimize CSS delivery / pengiriman CSS. Apa itu yang dimaksud optimize CSS delivery? Bisa Anda simak artikelnya dengan cara klik tulisan yang berwana biru itu.

Selain hal diatas yang menyebabkan blog menjadi lama untuk diakses adalah render-blocking JavaSciprt dan CSS widget blunder bawaan dari blogger. Contohnya adalah seperi berikut ini:
https://www.blogger.com/static/v1/widgets/3730162741-widget_css_bundle.css
Silahkan dicek, urlnya sama atau tidak. Setelah mengetahui permasalahan blog menjadi lama untuk di buka, selanjutnya adalah cara mengatasi CSS widget blunder blogger. Namun sebelum jauh membahas cara memperbaikinya, sedikit akan dijelaskan apa itu CSS widget blunder blogger.

CSS Widget Blunder Blogger

 Cara Memperbaiki CSS Widget Blunder Blogger di Page Speed


Adalah CSS bawaan dari blogger yang memiliki fungsi agar setiap widget yang terdapat didalam template dapat berjalan dengan baik dan tampil dengan semestinya. CSS ini diload secara bersamaan dengan blog sehingga dapat membuat blog lambat untuk di akses. Sebenarnya CSS widget blunder yang ada di blogger tidak terlalu penting keberadannya, karena script ini hanya berfungsi untuk widget-widget tertentu yang jarang dipakai dan rusak saja.

Cara Memperbaiki CSS Widget Blunder Blogger

Yang unik dari script ini adalah url yang menjadi penghambat loading blog tidak dapat Anda temukan didalam template. Anda dapat menemukan url tersebut bila menggunakan fasilitas inspect elemen saja. Namun tidak peru khawatir, jika tidak dapat ditemukan didalam template bukan berari permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan. Lebih baik sebelum mengutak-atik template Anda mem-backup terlebih dahulu templatenya. Berikut ini adalah cara mengatasi render blocking CSS widget blunder blogger.
  1. Masuk kedalam edit HTML yang terdapat di menu tema.
  2. Selanjutnya anda cari kode <head>. Dan ubah kode tersebut menjadi:
  3. &lt;head&gt;
  4. Dan juga cari kode </head>. Dan ubah menjadi:
  5. &lt;textarea readonly disabled style=&#39;display:none&#39;&gt;
    &lt;!--<head/>--&gt;
    &lt;/textarea&gt;
    &lt;head/&gt;
Save template. Dan coba dicek kembali, apakah permasalahan tersebut sudah terselesaikan ataukah belum. Semoga berhasil dengan mudah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki CSS Widget Blunder Blogger di Page Speed

0 komentar:

Posting Komentar