Blogger Bray, membahas tentang dunia blogger, design blog, internet dan android

Sabtu, 09 Desember 2017

Cara Menghemat Kuota Internet Android

Memiliki banyak kuota intenet merupakan sebuah keinginan dari banyak orang. Karena dengan memiliki banyak kuota internet Anda dapat mencari informasi apapun di internet dengan sangat mudah, kapan dan dimana saja. Tapi tahukah Anda, ternyata jika menggunakan android banyak sekali kuota internet yang terbuang sia-sia. Penggunaan banyak aplikasi secara besamaan seperti BBM, Facebook, Instagram, Twitter, Line WA dan aplikasi lain yang berjalan dibelakangnya membutuhkan koneksi internet. Belum lagi aplikasi-aplikasi tersebut selalu mem-backup data ketika mengaktifkan fitur Sinkronisasi pada android yang Anda miliki.

Karena ada aplikasi yang berjalan dibelakang dan mengsinkronisasi data justru dapat sangat mudah menguras kuota internet Anda. Sehingga kuota yang dimiliki akan cepat habis karena aplikasi yang menghabiskan kuota internet berjalan dibelakang.

Penyebab kuota kesedot adalah adanya aplikasi yang berjalan secara diam-diam. Misalnya saja aplikasi instagram secara diam-diam berjalan dibelakang. Jika data seluler pada andorid di aktifkan maka notifikasi dari aplikasi tersebut akan muncul, karena apk tersebut membutuhkan koneksi internet. Penyebab kuota cepat habis padahal tidak dipakai adalah karena fitur Sinkronsiasi pada perangkat seluler yang Anda aktifkan. Jika terdapat app/apk yang mengandung unsur iklan kemudian data seluler diaktifkan, maka iklan yang terdapat di apk tersebut akan tampil diperangkat Anda.

Lalu bagaimana cara mengehmat paket data andoird yang kuotanya cepat boros? Berikut ini cara agar paket internet tidak cepat habis.

Menghemat Kuota Internet Dengan Apk NoRoot FireWall

Menghemat Kuota Internet Android
Menghemat Kuota Internet Android

Cara menghemat kuota internet di android dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi NoRoot Firewall. Aplikasi NoRoot Firewall ini berfungsi memutuskan koneksi internet jika aplikasi lain berjalan dilatar belakang atau tidak digunakan. Dengan demikian kuota tidak cepat boros, sehingga dengan menggunakan apk ini dapat menghemat kuota internet yang cepat habis padahal tidak digunakan. Aplikasi ini akan berjalan walaupun perangkat android tidak di root terlebih dahulu.

Apa saja fitur dari apk NoRoot Firewall?
Fitur yang dimiliki adalah:

  1. Tidak perlu root.
  2. Kontrol akses Fine-grained berbasis IP / nama / nama host.
  3. Mudah digunakan dan sederhana.
  4. Dapat menahan sementara informasi atau notifikasi yang membutuhkan koneksi internet.

Cara Menggunakan Aplikasi NoRoot Firewall

Apk NoRoot Firewall
Apk NoRoot Firewall

  1. Download aplikasinya di Google Playstore
  2. Jika sudah selesai proses downloadnnya, kemudian Anda install apk tersebut.
  3. Klik Start.
  4. Kemudian akan muncul notifikasi bahwa apk ini membutuhkan izin, Anda centang pada kotak kecil yang terdapat tulisan "Saya mempercayai aplikasi ini" dan setelah itu klik OK.
  5. Klik Allow untuk mengizinkan aplikasi tersebut menggunakan internet, karena aplikasi ini membutuhkan koneksi internet.


Untuk mengizinkan aplikasi tertentu agar  menggunakan koneksi internet, maka Anda klik satu kali pada kotak checkbox. Sedangkan untuk tidak mengizinkan penggunakan internet pada aplikasi tertenu , maka klik dua kali pada kotak checkbox yang telah disediakan
X berwana merah berarti tidak mengizinkan aplikasi untuk menggunakan koneksi internet. Sedangkan Ceklis berwarna hijau mengizinkan aplikasi untuk menggunakan koneksi internet.

Itulah cara menghemat kuota internet agar tidak cepat boros di android. Semoga berhasil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghemat Kuota Internet Android

0 komentar:

Posting Komentar